Benelli Seta 125, Skutik Italia Beraura Retro Modern

Benelli Seta 125, Skutik Italia Beraura Retro Modern

Diluncurkan pada tahun lalu, Skutik Benelli Seta 125 merupakan skutik beraura klasik dan metro modern buatan pabrikan Italia, yaitu Benelli. Benelli Seta 125 ini dibawa masuk ke pasar tanah air oleh PT. Benelli Motor Indonesia (BMI) untuk meramaikan segmen skutik di tanah air.

Jika dilihat secara sekilas, desain skutik ini akan mengingatkan kita pada skuter produksi pabrikan Piaggio, yaitu Vespa. Tak diragukan lagi, Benelli Seta 125 ini memang memiliki aura retro kuat melekat pada pabrikan tersebut, sama seperti Vespa sehingga Benelli Seta 125 tersebut memang memiliki rasa Italia yang kental (Italian Taste).

Benelli Seta 125, Skutik Italia Beraura Retro Modern

Dilihat dari spesifikasi yang diusungnya, Seta ini masih mengusung pengabut bahan bakar bertipe karburator yang justru memiliki kemudahan perawatan oleh tangan awam dibandingkan dengan skuter yang sudah berteknologi fuel injection. Dapat dibilang dengan mengusung tipe karburator tersebut maka bengkel manapun pasti bisa menangani karburator.

Untuk mesinnya, menggunkan mesin 4 tak berkapasitas 124,6 cc dan berpendingin udara. Untuk rodanya, Benelli Seta 125 ini memiliki roda depan dan belkang yang berbeda dimana roda depannya berdiameter 12 inchi, sedangkan untuk diameter roda belakangnya hanya 10 inchi. Karet bundar yang digunakannya punĀ  berukuran 90/90 untuk depan dan 100/90 untuk ban belakang yang menyelimuti velg dan terlihat stylish.

Tanki bahan bakarnya pun berbeda dengan skutik lainnya dimana kapasitas tanki bahan bakar Seta ini hanya mampu menampung bahan bakar sebanyak 7 liter saja. Untuk area panel speedometer maish sederhana dan simpel, yaitu menggunakan analog. Lampunya masih menggunakan bohlam sebagai mayoritas lampunya, termasuk lampu utama, stoplamp, dan sein. Akan tetapi untuk lampu senja sudah menggunakan LED.

Fitur lainnya yang disemtkan dalam skutik ini yaitu terdapat banyak tempat penyimpanan, salah satunya di bwah jok meskipun tidak muat untuk helm full face. Selain itu di area dashboard juga terdapat hunger yang dapat dilipat atau dikeluarkan saat dibutuhkan sehingga skutik ini terasa lebih simpel dan praktis.